Minggu, 15 Februari 2015

Jenis Busur Panahan

Busur digunakan untuk melontarkan anak panah. Jaman dahulu busur digunakan dalam pertempuran dan perburuan. Panahan dengan menggunakan busur dan anak panah telah menjadi olahraga populer. Ada banyak jenis busur yang tersedia di pasaran, diantaranya sbb: 



Longbow

Longbows adalah busur yang cukup tinggi, bahkan ada yang lebih tinggi dari pada tinggi pemakainya. Busur ini memiliki limb yang relatif sempit yang mempunyai penampang berbentuk huruf D. Dibandingkan dengan busur jenis lain, lengkungannya relatif lebih kecil. .



 



Flatbow

Flatbow hampir tidak melengkung, rata dan memiliki limb yang relatif lebar. Bentuknya bisa dikatakan hampir persegi. Tetapi flatbow modern kebanyakan sudah sangat mirip dengan longbow klasik.











 





Shortbow

Busur ini adalah desain versi yang lebih pendek dari longbow maupun flatbow. Kelemahan dari shortbow adalah bahwa tarikan tidak bisa panjang mengingat busurnya juga pendek. Oleh karena itu shortbow juga mempunyai jangkauan lebih pendek dibanding dg longbow atau flatbow. Shortbows dulu lebih banyak digunakan untuk tujuan berburu oleh suku-suku pedalaman Amerika dan Afrika.



Recurve Bow
Busur ini adalah yang digunakan di Olimpiade. Karena busur ini sangat ringan maka kebanyakan atlet profesional lebih suka menggunakan busur ini. Prinsip kerjanya sama dengan longbow tradisional. Dengan material berkwalitas dan ringan, serta lengkungan maksimal sangat membantu memperingan tarikan dan kecepatan yang jauh lebih cepat dari jenis busur generasi sebelumnya.









 





Compound Bow

Busur ini sudah menggunakan tehnologi sehingga tenaga yang dibutuhkan untuk menarik busur bisa dikurangi. Karena pada tarikan penuh tenaga yang yang diperlukan untuk menahan berkurang, maka atlet bisa berkonsentrasi ke target. Busur ini menggunakan roda berbentuk elip yang disebut cam pada kedua ujung limb nya untuk mengoptimalkan kecepatan anak panah, yang sekaligus berfungsi untuk mengurangi tenaga atlet ketika menahan busur.







 


Crossbow

Crossbow adalah variasi desain busur secara umum. Limb terpasang horizontal. Desain limb bisa mengadopsi recurve ataupun compound, namun konsep menembaknya tetap sama. Pengguna menarik string secara manual maupun memakai alat penarik, kemudian dikunci pada tempat tertentu. Kemudian dengan memakai alat pemicu anak panah dilontarkan ke target.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar